Makanan Berkolesterol Tinggi dan Rendah

Hai, sobat sekalian. Berikut ini artikel yang pas buat anda sekalian yang sedang berusaha untuk menjaga asupan makanan anda tetap sehat. Supaya tetap sehat, anda harus memahami beberapa makanan berkolesterol tinggi dan rendah yang tentu saja memiliki seribu dampak yang perlu diperhatikan bagi anda yang peduli dengan kesehatan.

Makanan berkolesterol tinggi dan rendah

Berikut beberapa makanan berkolesterol tinggi yang perlu dikonsumsi dengan hati-hati :

1. Telur

Telur unggas, umumnya telur ayam paling sering dikonsumsi oleh masyarakat pada saat ini. Kuning telur pada telur memiliki tingkat kolesterol yang tinggi apabila dibandingkan dengan bagian pada putih telur. Sebaiknya mengkonsumsi telur tidak dilakukan lebih dari 1 kali dalam 1 hari.

2. Fast Food

Fast food adalah sajian yang cukup diminati pada saat ini. Beberapa jenis fast food disajikan dengan proses penggorengan dimana minyak goreng memiliki tingkat kolesterol yang cukup penting untuk diperhatikan. Fast food yang cukup digemari biasanya berbentuk burger, ayam goreng, kentang goreng, dll.

3. Sea food

Jenis sea food seperti cumi-cumi, kerang, udang dan kepiting memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Mengkonsumsi sea food berlebihan memiliki resiko untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Santan kelapa

Santan kelapa sering diolah sebagai bahan campuran dalam masakan. Anda disarankan untuk membatasi asupan makanan yang menggunakan hasil olahan santan sebagai bahan, khususnya bagi anda yang memiliki kadar kolesterol berlebih.

5. Iga sapi

Pada bagian iga sapi, dapat ditemukan banyak lemak yang disimpan. Mengkonsumsi iga sapi dapat dibatasi dengan mengurangi porsi atau membuang bagian daging iga sapi yang berlemak.

6. Susu tinggi kalori

Beberapa susu yang beredar memiliki tingkat kalori yang tinggi. Berbagai olahan makanan dari susu seperti keju, susu dan es krim dapat memiliki tingkat kalori yang berasal dari susu. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat mengkonsumsi susu low-fat atau susu rendah lemak.

7. Margarin dan Mentega

Margarin dibuat dari lemak nabati sedangkan mentega dibuat dari lemak hewani. Mengkonsumsi margarin atau mentega dalam kadar tertentu memiliki dampak baik bagi tubuh. Namun mengkonsumsi margarin dan mentega dalam jumlah banyak dapat meningkatkan asupan kadar lemak yang diterima tubuh,

8. Snack

Snack yang dibuat oleh industri terkadang memiliki kandungan lemak trans yang cukup tinggi. Mengkonsumsi snack sebagai camilan terkadang membuat seseorang tidak mengetahui batas konsumsi yang seharusnya dilakukan sehingga asupan lemak serta zat-zat lain melebihi kadar normal yang seharusnya diterima oleh tubuh.

Setelah anda memahami beberapa makanan berkolesterol tinggi, maka perlu anda pahami beberapa makanan berkolesterol rendah. Sehingga anda dapat mengatur asupan anda terhadap beberapa makanan berkolesterol tinggi dan rendah yang mungkin anda konsumsi.

Berikut beberapa makanan yang memiliki kadar kolesterol rendah :

Makanan berkolesterol rendah

1. Produk zaitun

Buah zaitun khususnya minyak zaitun mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan tingkal LDL dan menaikkan HDL.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian pada umumnya memiliki kadar lemak yang sangat rendah dan tidak mengandung kolesterol. Biji-bijian membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk dicerna, sehingga anda tidak mudah merasa lapar. Kacang almond dan kacang kenari merupakan kacang-kacangan yang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Buah dan sayur

Buah dan sayur, khususnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik dikonsumsi karena merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet kolesterol, Selain itu, buah dan sayur memiliki banyak kandungan positif lainnya yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

4. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan dengan kandungan omega 3 terbaik adalah ikan salmon, tuna dan sardine. Mengkonsumsi ikan lebih baik dengan dibakar atau dikukus. Mengkonsumsi ikan dengan menggoreng dapat meningkatkan kadar lemak yang berasal dari minyak goreng.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat larut yang dapat menurunkan tingkat HDL dalam tubuh. Mengkonsumsi bahan makanan lain yang memiliki serat yang tinggi juga sangat baik bagi kesehatan.

Semoga dengan artikel ini, sobat sekalian dapat lebih memahami jenis-jenis makanan berkolesterol tinggi dan rendah yang perlu sobat pertimbangkan untuk dikonsumsi. Tetap Sehat !

Baca juga : Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik

Dapat manfaat dari artikel ini ? Berbagi yuk....